Beranda Ekonomi WALIKOTA SIBOLGA PRESENTASIKAN PELUANG INVESTASI DI KOTA SIBOLGA PADA FORUM IDB DI...

WALIKOTA SIBOLGA PRESENTASIKAN PELUANG INVESTASI DI KOTA SIBOLGA PADA FORUM IDB DI MALAYSIA

810
0
BERBAGI

Kuala Lumpur – Walikota Sibolga Drs. H. M. Syarfi Hutauruk MM presentasikan peluang Investasi di Kota Sibolga pada  acara  Forum Investasi IDB  Southeast Asia, Kuala Lumpur  bertempat  di Ballrom Hotel Royal Chulan Kuala Lumpur Malaysia, Senin  (31/7/17).

Forum Investasi yang diselenggarakan oleh MP-KAHMI Malaysia bekerjasama dengan Kedutaan Besar (Kedubes) Indonesia di Kuala Lumpur dan Islamic Development Bank IDB Wilayah Asia Tenggara. Forum yang dibuka oleh pimpinan Majelis KAHMI Pusat dan dimoderatori oleh Direktur Islamic Development Bank IDB Wilayah Asia Tenggara, Kunrat Wirasubrata.

Paparan Walikiota Sibolga Drs. H. M. Syarfi Hutauruk MM dalam upaya untuk percepatan program pembangunan rumah rakyat, infrastruktur perdagangan dan pariwisata di Kota Sibolga. Walikota Sibolga pada kesempatan tersebut menjelaskan bahwa, Kota Sibolga memiliki potensi peluang investasi perdagangan dan pariwisata yang luar biasa. Kota Sibolga merupakan kota strategis di wilayah pantai barat. Kota yang menghubungkan 16 Kabupaten/Kota di wilayah pantai barat ini adalah pusat pelabuhan dan jalur perdagangan.

Sebelumnya Walikota Sibolga memaparkan dalam pembangunan daerah pendidikan adalah hal utama. Saat ini tercatat 3600 mahasiswa yang berkuliah di universitas negeri yang tersebar di USU, UNIMED, UNRI, UNAND, ITB dan UNPAD. Sejalan dengan program pendidikan perlu dibangun infrastruktur yang dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kota Sibolga. Masyarakat yang tinggal dibibir pantai harus segera direlokasikan ke tempat yang lebih nyaman dan rumah susun merupakan salah satu solusinya. Pembenahan pasar-pasar yang ada di Sibolga sedang berjalan untuk mencapai Visi kota Sibolga sebagai kota perdagangan.

Kemudian dalam bidang pariwisata, kota Sibolga bertetangga dengan Kabupaten Tapanuli Tengah yang memiliki banyak destinasi wisata. Sibolga mengambil peran sebagai hub objek wisata di Kabupaten Tapanuli Tengah. Diaminkan oleh Bupati Tapanuli Tengah Baktiar Ahmad Sibarani “Tapanuli Tengah memiliki 240 KM pantai yang masih belum terjamah. Baru saja Presiden Jokowi meresmikan Barus sebagai titik nol Islam Nusantara sebagai tanda sejarah masuknya islam di Indonesia. Selain itu ada wisata Air Terjun Pulau Mursala dimana air terjun tawar yang langsung jatuh ke Samudra” Ujarnya.

Dalam forum  tersebut Walikota Sibolga mengundang pihak investor dari IDB melalui WAQF, ETHIS dan Investor lainnya melalui tim pendahuluan melakukan kajian di Sibolga,  guna mempelajari kerja sama investasi  apa saja yang bisa dilaksanakan di  Sibolga. Selama ini IDB dan para investor hanya melirik ke daerah Jawa dan Indonesia bagian timur padahal Sibolga adalah salah satu daerah yang sangat cocok untuk menanamkan investasi.

     

 

LEAVE A REPLY