Beranda Politik AS Bingung Atas Embargo Arab Saudi cs pada Qatar

AS Bingung Atas Embargo Arab Saudi cs pada Qatar

554
0
BERBAGI

Hatiini.id , Washington – Pemerintah Amerika Serikat menyatakan pihaknya bingung karena Arab Saudi dan sekutu-sekutu Teluk Arab-nya tak bisa menunjukkan pembenaran atas embargo mereka pada Qatar. AS pun menyerukan negara-negara tersebut untuk menyelesaikan perseteruan mereka.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Heather Nauert mempertanyakan apakah tuduhan bahwa Qatar mendukung terorisme benar adanya.

“Sekarang sudah lebih dari dua pekan sejak embargo dimulai, kami bingung bahwa negara-negara Teluk tidak merilis kepada Qatar maupun ke publik mengenai detail klaim-klaim yang mereka buat terhadap Qatar,” tutur Nauert seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (21/6/2017).

“Semakin lama waktu berlalu, semakin besar keraguan yang muncul mengenai tindakan-tindakan yang diambil Arab Saudi dan Uni Emirat Arab,” imbuhnya mengenai dua negara sekutu AS tersebut.

“Saat ini kami cuma punya satu pertanyaan mudah: Apakah tindakan tersebut benar-benar soal kekhawatiran mereka terkait dugaan dukungan Qatar untuk terorisme,” kata Nauert.

“Atau apakah itu tentang keluhan-keluhan yang membara sejak lama antara negara-negara GCC?” tanya pejabat AS tersebut mengenai Dewan Kerjasama Teluk (GCC) yang mencakup Qatar dan Saudi.

Dikatakan Nauert, dirinya telah menelepon setidaknya 20 kali pada pejabat-pejabat Saudi dan Qatar untuk mendesak resolusi yang lebih cepat atas krisis Qatar. “Kami mendorong semua pihak untuk meredakan ketegangan dan terlibat dalam dialog konstruktif. Kami sekali lagi meminta semua pihak untuk fokus ke tujuan inti regional dan internasional dalam memerangi terorisme,” tandas Nauert.

 

Sumber: detik.com

LEAVE A REPLY